spot_imgspot_img

Serahkan Buku Karangannya Ke Ketua MPR, Yoseph Umarhadi: Bisa Jadi Referensi Sosialisasi 4 Pilar

RM.id Rakyat Merdeka – Mantan anggota DPR/MPR RI Yoseph Umarhadi menyerahkan buku karangannya kepada Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, di gedung Black Stone, Jalan Proklamasi, Jakarta, Selasa (12/4).

Buku berjudul “Hakikat Manusia Pancasila Menurut Notonagoro dan Drijarkara: Aktualisasi Bagi Demokrasi Pancasila” itu rencananya akan diluncurkan bersamaan dengan peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 1945.

Menurut Yoseph Umarhadi, buku yang dia tulis dan diserahkan kepada Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, merupakan sumbangan dari hasil penelitian untuk penyusunan disertasinya tentang Pancasila sebagai sistem sekaligus Ilmu Filsafat, sebagaimana dikehendaki pencetus Pancasila, Ir. Soekarno.

“Sebagai penulisnya, saya ingin memberikan masukan untuk meningkatkan kualitas dan masukan salah satu referensi bagi kegiatan sosialisasi empat pilar, terutama sosialisasi Pancasila sebagai dasar dan ideologi bangsa dan negara,” ujar Yoseph yang pernah menjadi anggota DPR RI 4 periode ini. ,

Dia berpendapat, melalui perubahan atau amandemen UUD 1945, kedudukan MPR justru lebih terhormat. Sebab, selain menjadi lembaga yang mensosialisasikan empat pilar, MPR juga menjadi lembaga yang menjaga dan mengawal dasar filsafat bangsa Indonesia, yaitu Pancasila.

Dalam praktik sosialisasi empat pilar MPR RI selama ini, menurut Yoseph titik tekan sosialisasi Pancasila lebih berat pada dimensi historis, yaitu proses pembentukan/sejarah dan pemahaman idiologinya. Tapi, kurang menekankan pemahaman Pancasila secara filosofis.

Dia menjelaskan, masukan atau kebaruan atau novelty dari buku yang dia tulis ini adalah agar sosialisasi dapat lebih mendalam untuk mensosialisasi Pancasila dari sudut kajian filosofis, bukan lanjutan dari sosialisasi seperti pada zaman Orde Baru.

“Melalui peluncuran dan sumbangan buku ini, saya berharap kita semua bisa meyakinkan bahwa Pancasila adalah milik publik, bukan hanya milik para elit, akademisi dan politisi,” tandasnya. [TIF]

Penulis : AHMAD LATHIF ROSYIDI
Editor : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA

Selasa, 12 April 2022 22:02 WIB

Get in Touch

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_imgspot_img

Related Articles

spot_img

Get in Touch

0FansLike
3,694FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Latest Posts